Blogger atau Wordpress Mana Yang Terbaik?

Blogger atau Wordpress Mana Yang Terbaik? - Setelah saya selesai migrasi lagi blog ini menggunakan blogger saya jadi ingin memberikan sedikit review mengenai kedua platform blog yang menurut saya cukup banyak usernya.

Dari kedua platform ini saya rasa masih memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. namun pilihan tentu ada di tangan penggunanya ingin menulis blog di blogger atau menlis blog menggunakan wordress. saya sendiri sudah mencoba nya sendiri dan akan saya tuliskan review nya siapa tau masih ada yang bingung ingin memulai ngeblog menggunakan platform apa?

Platform atau cms (content management system) untuk memulis blog sebenarnya ada banyak sekali seperti Blogger, WordPress, Drupal,Mambo, Joomla dan lain-lain.

Tapi dari banyak itu ada dua yang sangat digemari pengguna yaitu wordpress dan blogger. Saya pun baru mencoba keduanya tersebut untuk membuat sebuah blog.

Blogger

merupakan platform layanan blog yang di sediakan oleh goole dan juga di host oleh google. Blogger menyediakan fitur-fitur untuk memulai menulis blog dengan tampilan yang sangat userfriendly dan sangat memudah sekali untuk pemula mempelajari membuat sebuah blog di blogger, karena tutorial membuat blog pada blogger sudah sangat banyak sekali di internet.

Pada platform blogger user dapat memuat sebuah blogger secara gratis hanya dengan menggunakan sebuah gmail dan mendaftarkannya useer dapat langsung membat blog. blogger akan memberikan sub domain pada nama blog yang didaftarkan secara gratis jika masih tersedia subnya bernama blogspot.com jadi blog kalian akan seperti ex : marwanto606.blogspot.com.

Nama blog pertama saya karna saya juga memulai ngeblog menggunakan blogger. namun untuk menggunakan tld (top level domain/domain tingkat atas) seperti .com,.net,.site,.me,.us,.tld kita perlu mengeluarkan biaya untuk mendaftarkannya. biayanya biasanya berbeda-beda sperti .com bisa 140k pertahun dll. kalian bisa lihat di agen domain utuk pendaftaran nama domain yang di inginkan jika masih tersedia.

pada cms blogger juga tersedia tempate untuk melakukan pengubahan tampilan pada blog. terdapat template gratis yang sudah disediakan bogger namun tampilannya masih sangat sederhana untuk selebihnya kaian bisa mencoba template gratis yang banyak di bagikan di internet untuk dicoba.

Blogger juga terdapat statistik untuk melihat penayangan harian, kemarin, bulan lalu, dan penayangan sepanjang waktu sumber lalulintas tayangan dll.

Kita juga dapat melihat dan memanagemen komentar yang ada pada blog kita. Di menu komentar kita bisa melakukan penghapusan konten komentar dan menandai komentar sebagai spam.

Juga terdapat menu pengaturan untuk melakukan setingan pada blog seperti mengatur judul blog, deskripsi, menambahkan penulis, pengaturan robot.txt, mengatur format tanggal dan waktu serta lainnya.

Kelebihan platform blogger menurut saya

  • Tidak akan mengalami down servernya karena merupakan platform yang disediakan oleh google sendiri yang merupakan search engine no 1 sedunia saat ini yang pastinga memiliki server yang kokoh untuk menampung visitor dunia.
  • Blogger juga sudah terintegrasi berbagai layanan yang memudahkan user ke bebrapa layanan google lainnya , layanan seperti google analistic untuk memantau visitor real time, google plus situs sisial media buatan google, google adsense situs jadingan pengiklan milik google walaupun sedikit sulit diterimanya karna blog kalian akan di reviw terlebih dahulu.
  • Sangat mudah sekali proses pembuatan blog dan managemennya. saya sendiri memulai membuat blog dan menulis artikelnya hanya membaca tutorial membuat blog di internet dan bermodalkan mencoba. blog pertama saya pun berhasil dibuat kesulitannya hanya bingung mau di isi artikel apa wkwk.

Kekurangan platform blogger menurut saya

  • Statistik blog belum bisa memantau banyaknya berapa banyaknya visitor harian. mungkin karena google juga mengembangkan google analistic yang merupakan layanan analisis real time yang bisa memudahkan memantau visitor. maka pada blogger hanya bisa memantau banyaknya halaman dibuka saja.
  • Tidak tersedia plugin. pugin merupakan seperti tool tambahan yang dipasang pada blog dengan fungsi nya masing-masing. ada plugin untuk peingkatan serta memonitor seo, filter spam komentar, fungsi cache, analistic, backup, optimasi gambar dll Karna blogger memang dibuat secara bild-in dan di host oleh google maka tidak tersedia fitur tambahan seperti plugin ini di blogger
  • Konten dan blog harus sesuai dengan TOS (term of service) yang di perbolehkan google. dari yang saya lihat sampai sekarang banyak sekali blog software yang semula menggunakan blogger tumbang mungkin karena didalamnya menyediakan konten yang melnggar ketentuan layanan (TOS) google.

Wordpress

merupakan platform blog yang juga banyak penggemarnya dan sangat digemari untuk memulai membuat blog. Wordpress menyediakan dua layanan blog yang pertama wordprees.com yang merupakan platform gratis membuat blog yang disediakan namun harus mengikuti TOS dari wordpress.com dan dihosting oleh wordpressnya sendiri, yang kedua yaitu wordpress.org yang hanya menyediakan cms gratis untuk kalian pasangkan sendiri pada hosting yang kalian punya yang artian selfhosted. disini saya mencoba yang wordpress.org karna saya ga doyan yang gratisan wkwkwk. Guyon padahal masi pake blogger. :D

Pada cms wordpress.org kita akan dapat mengelola blog wordpress secara mandiri artinya semua perlu dilakikan sendiri. Kita memerlukan hosting yang sudah terpasang domain saat hendak menginstalkan cms wordpress.org ini.

Kelebihan cms wordpress.org menurut saya

  • Lebih costumize dan profesional, karena dilakukan secara mandiri selfhosted maka kita dapat belajar memanagemen blog secara penuh dari mulai databasenya, server yang dipakai, dan costumize cms nya.
  • Terdapat plugin untuk memaksimalkan kinerja blog. di cms wordpress.org kita dapat memasangkan pugin untuk menunjang kinerja blog seperti plugin filter spam akismet, lugin seo yoast, plugin cache, plugin statistic, dll.
  • Konten bebas tidak akan mengalami penghapusan blog. di wordpress.org kita dapat menuliskan konten sesuai keinginan kita dan tidak akan mengalami penghapusan blog karena kita memegang penuh semua source blognya. jika di hapus tinggal di backup wkwkwk.

Kekurangan cms wordpress.org menurut saya

  • Memerlukan biaya tambahan walaupun cms wordpress.org nya di bagikan gratis namun kalian masih perlu mngeluarkan biaya untuk menyewa hosting dan domain yang diperlukan untuk menjalankan cms wordpress ini.
  • Bisa mengalami down pada server, karena wordpress.org lebih costumize maka kita sendiri yang perlu memilih dan menggunakan layanan server yang akan kita gunakan, karna semakin ramai sebuah blog diperlukan juga server yang kuat menampngnya.
  • Bisa terjadi pembobolan keamanan pada blog wordpress selfhosted. terdapat beberapa titik keamanan yang bisa digunakan seorang hacker membobol blog wordpress self host dari mulai viln theme wordpressnya, pluginnya ataupun melalaui sql injjection. Jadi perlu ketelitian dan pngetahuan lebih untuk meminimalisir terjadinya pembobolan.

Dari kedua platform itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. jika kalian baru mulai ngebolog dan konten tidak meanggar tos google lebih baik menggunakan blogger karna blogger lebih userfrienly dan gratis lagi. namun jika kalian menulis konten yang bisa mengalami penghapusan blog lebih baik coba wordpress self hosted saja yang lebih custimize dan terbilang pro.

Karena dari kedua nya saya bisa belajar sesuatu dari blogger saya belajar dasar html dan menulis konten dari wordpress saya belajar coding php dan management server, Tapi sekarang saya sudah migrasi dari wordpresske blogger jadi yang pemenangnya ya blogger lah. Thx.

Baca juga : Marwanto606 Migrasi ke Blogger

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url