Cara Convert Word ke Pdf

Cara Convert Word ke Pdf - mengubah dokumen word menjadi pdf, convert format dokumen word (.docx, .doc) dapat di rubah kedalam format ebook (.pdf) Portable Document Format dengan tujuan tertentu sesuai dengan kondisinya, format file .pdf diciptakan oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk produk Acrobat mereka.

Format pdf ini secara tidak langsung merupakan format yang digunakan untuk pertukaran dokumen portable dan sudah di dukungan oleh perangkat lunak reader(pembaca) di semua perangkat baik komputer dan perangkat mobile. ada beberapa cara melakukan convertfile word ke pdf diantaranya scara offline atau tanpa koneksi internet menggunakan bantuan software tambahan dan secara online menggunakan bantuan web atau aplikasi di internet.

Melakukan convert word ke pdf secara offline

untuk mengubah word to pdf secara offline kita dapat mneggunakan beberapa software dan tool tambahan untuk melakukannya diantaranya sebagai berikut ini :

1. Menggunkan addon untuk Save as PDF pada microsoft word 2007

Pertama unduh dahulu addon untuk Save as PDF disini. Untuk microsoft Word versi 2010 keatas kalian tidak perlu lagi menguduh addon ini.

Setelah selesai diunduh sekarang installkan addon di komputer kalian. Pastikan kalian sedang tidak menjalankan Microsoft Word. Beri tanda centang pada license term kemudian klik Continue dan biarkan addon dipasang oleh sistem.

Sekarang silahkan kalian buka dokumen word yang hendak dikonversi ke PDF. Kemudian klik Office Button – Save As – PDF.

Pilih lokasi tujuan konversi, lalu beri nama untuk dokumen tersebut atau biarkan dengan nama yang sama, dan terakhir klik tombol Publish.

Sangat mudah dan tidak perlu tambahan aplikasi, selanjutnya meng-convert dokumen word ke PDF bisa dilakukan langsung dari Microsoft Office 2007 kalian.

2. Convert file word ke pdf dengan Foxit Reader

Foxit Reader selain dapat berfungsi sebagai pembaca file pdf dapat juga digunakan untuk mengconvert file word ke pdf dan sangat mudah sekali penggunaanya sebagai berikut :

pertama jika kalian belum punya silahkan kalian unduh terlebih dahulu foxit reader kemudian intallkan ke pc kalian

selanjutnya cari file word yang akan di convert ke pdf

klik kanan > Convert to PDF in Foxit Reader

aplikasi foxit reader akan mulai membuka dan melakukan convert file word kalian

terakhir kalian tinggal klik SAVE untuk menyimpan file hasil convertnya.

melakukan convert word ke pdf secara online

1. Convert file word ke pdf dengan Google drive

Google Drive sendiri merupakan layanan hosting penyimpanan file cloud dari Google yang bisa kalian gunakan untuk menyimpan berbagai macam file seperti gambar, video, audio, dan termasuk dokumen juga.

untuk melakukan convert file word ke pdf menggunakan google drive sangatlah mudah

pertama buka dulu akun google drive kalian

selanjutnya kalian tinggal mengupload file word kalian ke google drive

setelah selesai di upload kalian buka filenya dengan google document

tearakhir kalain tinggal mendownload file nya sebagai PDF maka file pun akan tersimpan sebagai pdf

sangat mudah kan.

Sebenarnya masih banyak cara untuk convert file word to pdf, dan tutorial diatas hanya sedikit cara mudah, addon dan software gratis yang bisa kalian gunakan untuk melakukan pengubahan file word ke pdf, untuk melakukan convert kebalikannya yaitu pdf ke word agar bisa dilakuakan editing filenya silahkan kalian baca Kumpulan Software Converter Alternative.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url