RawGit Akan Ditutup Pindah Ke CDN Alternatif

RawGit Akan Ditutup Pindah Ke CDN Alternatif - Situs CDN RawGit cukup populer dikalangan devloper dan blogger yang menggunakan Github sebagai hosting code yang akan di distribusikan secara online, GitHub sendiri merupakan layanan host web bersama untuk proyek pengembangan perangkat lunak yang menggunakan sistem pengontrol versi Git dan layanan hosting internet.

RawGit sendiri merupakan layanan CDN (Conten Delivery Network) untuk mengakses dan membagikan script code yang terdapat di github secara direct dengan kecepatan akses file yang cukup tinggi.
Kabar akan ditutupnya rawgit di sampaikan di laman RawGit.com pada 8 oktober 2018 oleh creator nya sendiri yaitu Ryan Grove.
Ada beberapa alasan yang membuat keputusan akan ditutupnya rawgit yaitu :
  • Rawgit merupakan proyek hobi kecil pembuatnya, tetapi mencapai tingkat popularitas yang tingi yang melayani lebih dari 4,2 miliar permintaan dan mengkonsumsi lebih dari 176 terabyte bandwidth.
  • RawGit juga menjadi mekanisme distribusi malware, dan karena creatornya tidak punya waktu untuk berjuang melawan malware dan penyalahgunaan di RawGit.

Namun kalian tidak perlu khawatir karena tentunya akan ada alternatif CDN selain Rawgit. Rawgit sendiri baru akan di matikan sepenuhnya pada bulan Oktober 2019 dan creatornya sendiri sudah membagikan source code Rawgit di akun githubnya disini jadi kalian bisa membuat rawgit versi kalian sendiri dengan mengikuti tutorial yang sudah diberikan juga disana.

Kalian juga bisa gunakan CDN alternative lainnya yaitu Staticaly yang juga bekerja seperti halnya RawGit.

Untuk migrasi dari Rawgit ke Staticaly, versi mudah migrasinya kalian tinggal rubah url file yang mengarah ke https://cdn.rawgit.com/ ganti menjadi https://cdn.staticaly.com/gh/

jika file kalian masih tidak bisa diakses silahkan rubah url file yang mengarah ke https://cdn.rawgit.com/ ganti menjadi https://cdn.staticaly.com/gist/

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url