Cara Membuat File Image OS Windows XP Dengan Norton Ghost

Cara Membuat File Image OS Windows XP Dengan Norton Ghost - Halo kawan hari ini saya mau share tutorial Cara Membuat File Image OS Windows XP Dengan Norton Ghost. File image OS ini berguna jika kita hendak menginstall windows dengan cara di Ghost, yang akan saya share di tutorial berikutnya.Di Ghost mungkin sama saja dengan mengkloning windows yang sudah dibuat file imagenya sebagai master Os dan nantinya akan di install di banyak komputer.

Dengan di Ghost maka proses penginstallan windows xp dapat berjalan dengan cepat bahkan kurang dari 10 menit windows xp sudah terinstall pada sebuah harddisk, ini tentunya dapat menghemat waktu bagi para teknisi computer yang mempunyai pekerjaan setumpuk. :d

Berikut Cara Membuat File Image OS Windows XP Dengan Norton Ghost :

  • Pertama-tama instal windows xp dengan clean instal (jangan upgrade) ini bertujuan agar windows xp yang kita buat image ghostnya bener-benar clean dan stabil.
  • Setelah Os windows XP beres terinstal, kita lanjutkan dengan menginstall software tambahannya sesuai kebutuhan saja, misalkan office, k-lite codec pack, photoshop, winamp, dll.
  • Driver jangan diinstal dulu.
  • Saya sarankan instal juga program maintenance dan cleaner (kalo adalan saya adalah tuneup utilities dan ccleaner) program tersebut berguna untuk membersihkan registry ataupun file sampah yang ada di system, biar bersih dan stabil tentunya.
  • Untuk tambahannya ubah konfigurasi IDE ATA/ATAPI Controller ke standar agar file image os wondows xp yang dibuat tidak blu screen jika di intall pada komputer lain.
  • Caranya>>klik kana pada device yang ada pada IDE ATA/ATAPI Controller>> lalu klik update driver>>pilih pilihan install from a list of specificted location(advenced)>>lalu next>>lalu pilih yang don't search i will choose the driver to install>> lalu next>>lalu pilih yang standart saja>> lalu next maka driver akan berubah menjadi standart.
  • Ubah semua drivernya ke standart sepetri gambar di bawah ini.
  • Restart komputer kalian.
  • Selanjutnya kita tinggal membuat image ghost OS Windows XP nya.

    Kalian dapat membuat file image ghost menggunakan Hiren's boot CD karena didalamnya sudah ada program Norton Ghost nya atau dapat menggunakan program Portable Norton Ghost.

    Disini saya menggunakan program Portable Norton Ghost agar tidak terlalu ribet harus booting Hiren's boot nya. karena sama saja hasilnya.

  • Jalankan progam Portable Norton Ghost akan muncul kotak dialog, klik ok.
  • Pilih Menu > Local > Partition > To Image untuk menyimpan partisi ke dalam sebuah file image. atau Menu > Local > Disk > To Disk untuk harddisk to harddisk. karna disini kita akan membuat file imagenya kita pilih yang To Image.
  • Pilih Harddisk yang akan di backup. Biasanya Windows ada pada Local (1) seperti pada contoh dibawah ini, lalu klik OK.
  • Pilih Partisi Harddisk yang akan di backup. Biasanya Os Windows ada pada Primary Drive seperti pada gambar dibawah ini,lalu klik OK. Pastikan Anda memilih drive yang tepat.
  • Tentukan Partisi Harddisk mana yang akan digunakan untuk menyimpan file backup image jangan di partisi system C silahkan taruh di partisi D . Beri nama pada file, misalnya Backup_1 kemudian klik SAVE. Perhatikan bahwa harddisk ditulis dalam urutan seperti berikut; D:1.2:[DATA] FAT, artinya adalah:
    D: = Drive D:
    1.2: = merupakan Harddisk Fisik Pertama Partisi Kedua
    [DATA] = label DATA
    FAT = File System FAT32
  • Selanjutnya akan muncul dialog kompresi Image File, pilih salah satu berdasarkan keterangan berikut:
    Pilih No = jika Anda tidak ingin mengubah file image dari ukuran file windows sebenarnya
    Pilihan FAST = kompresi cepat, hasilnya kurang lebih 30% dari ukuran file sebenarnya
    Pilihan HIGH = kompresi tingi, hasilnya bisa sampai 60% dari ukuran file asli meski prosesnya akan sedikit lebih lambat.
    Disarankan kalian memilih pilihan ini High. Karena Norton Ghost tidak mengubah isi file image, hanya ukuran filenya saja yang dipadatkan.
  • Lalu akan muncul dialog ‘Procesed with partition image creation?’ Pilih YES
  • Tunggu hingga proses selesai dan muncul dialog ‘Image Creation Completed Successfully’, klik Continue. lalu Klik [Quit] untuk keluar dari Program.

Sekarang kalian sudah punya File Image OS Windows XP yanga bisa digunakan untuk menginstall menggunakan Norton Ghost.
Baca juga Cara Install Windows XP Dengan menggunakan Norton Ghost

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url