Cara Mengatasi Error B200 atau P10 Pada Printer Canon

Cara Mengatasi Error B200 atau P10 Pada Printer Canon - Printer canon sepetinya merupakan printer yang banyak sekali di gunakan di sekitaran kita baik prcetakan, warnet, perkantoran dll juga banyak menggunakan printer merk canon ini, selain karena harganya yang terjangkau, perawataan printer ini cukup mudah.

Karena pencetak printer ini menggnakan catridge maka jika terjadi kerusakan hasil cetak tinggal ganti catridge nya saja :d walaupun harga catridge nya sedikit menguras dompet.

keunggulan lain dari printer canon ini adalah adanya kode error yang bisa mempermudah pengecekan jika terjadi error pada printer yang akan di tampilkan pada saat mencetak diantaranya error 5B00 = tinta pembuangan full, error 5100 = mekanisme penggerak bermasalah, error run out atau tinta telah habis , dan lainnya.

Baca juga : Cara Reset Printer Canon MP287

Berikut ini Cara Mengatasi Error B200 atau P10 Pada Printer Canon :

Kerusakan printer canon dengan kode error B200 atau P10 di indikator panel canon mp237 atau mp287 terdapat pada mainboardnya kerusakan ini terjadi lantaran ada resistor yang nilainnya melar.

  • Silahkan kalian cek pada resistor 301 dan resistor 302 posisinya biasanya ada di bawah seletip hitam
  • Nilai seharusnya adalah R301 = 7,5k ohm dan R302 = 15 k ohm
  • Cek nilainya menggunakan multitester dan ganti salah satu atau keduanya jika nilainya kurang dari atau lebih dari nilai yang seharusnya.
  • Resistor ini menggunakan resistor smd yang cukup lumayan kecil seperti kutu kucing :p , kalian bisa ambil di mainbord-mainbord laptop atau printer lainnya atau cukup beli printer lagi jika kalian anak sultan B).
  • Jika resistor tidak terdapat nilai yang sama persis kalian bisa gunakan resistor dengan perbandingan 1:2 dengan nilai lebih besar dari seharusnya contoh: R301 = 10k ohm maka R302 = 20 k ohm.
  • Karena ada beberapa mainbord seri baru yang sudah tidak menggunakan R302 dan R301 seperti pada mainboard printer canon seri ip2770 baru, maka saya juga masih mencari solusi untuk masalah error B200 ini.

Semoga berhasil (o). Thx

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url