Memilih Nama Domain Sebagai Merek Dagang (Brand)

Memilih Nama Domain Sebagai Merek Dagang (Brand)
Hai Pembaca :d, bagaimana harimu hari ini?? semoga lebih baik dari kemarin. Hari ini saya mau menulis tentang "Mengapa Domain Penting untuk Bisnis?" Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP *Kata wikipedia (o).


Memilih nama domainmu sebagai merek/brand yang akan digunakan untuk bisnis, Mengapa Domain Penting untuk Bisnis? Apakah kalian tahu :?, facebook memulai layanannya pertama kali menggunanakan domain thefacebook.com kemudian diubah menjadi facebook.com karena dirasa domain facebook.com lebih mudah di ingat dan lebih bermerek. (sumber: film The Social Network.)

Sebelum kita membahas mengenai kriteria memilih nama domain yang akan kalian gunakan untuk memulai usaha online kalian di internet, saya ingin kalian melihat di sekitar kalian adakah orang di sekitar kalian yang sudah memulai usaha online seperti contohnya: memasarkan produk jualannya di e-commerce lokal seperti bukalapak, tokopedia, dll atau memasarkannya melalui akun sosial media pribadinya. berarti dia sudah mulai melirik ke konsumen yang lebih luas. Dalam kasus ini berarti dia hanya perlu mengambil kepercayaan konsumen dengan meningkatkan personal brendingnya, bisa dengan cara membuat portofolio personal page atau olsopnya. disini kalian harus memilih nama domain yang cocok sebagai brand dimana portofolio itu akan disajikan ke konsumen untuk menarik kepercayaannya .

Berikut adalah jenis-jenis domain :


  • TLD (Top Level Domain)

TLD atau top level domain ini merupakan ekstensi terakir yang ada pada sebuah domain contoh : www.marwanto606.com yang menggunakan TLD .COM atau untuk comersil, TLD sendiri terbagi lagi menjadi dua yaitu:

  1. gTLD (Global Top Level Domain)
  2. Domain ini lebih sering digunakan dan bahkan sudah dianggap sebagai domain standar yang bisa di daftarkan dan digunakan kebanyakan orang. contoh contoh gTLD : .com (comersil), .net (network), .org (organsasi), .info (informasi), .edu (education*), .mil (military*), .gov (government*), .tv(televisi) dan lainnya.
  3. ccTLD (Country Coded Top Level Domains)
  4. Domain ini merupakan domain yang menunjukan negara asal dari mana situs tersebut. contoh ccTLD: .id(indonesia), .my(malaysia), .sg(singapura) dan masih banyak lainnya.
Lihat di wikipedia :d

  • SLD (Second Level Domain)

SLD (Second Level Domain) adalah bagian dari sebuah domain yang dapat kita tentukan sendiri namanyasebelum melakukan registrasi domain, contohnya : marwanto606.com maka SLDnya adalah marwanto606 yang merupakan nama saya sendiri dan angka keramat :d.

  • 3LD (Third Level Domain)

3LD (Third Level Domain) atau disebut juga subdomain yang merupakan nama yang diberikan sebelum SLD dan TLD contohnya x.marwanto606.com, www.marwanto606.com jadi www dan x adalah subdomain yang saya buat sendiri sebagai turunan dari domain utama untuk membedakan masing-masing web.

Fungsi dan manfaat sebuah domain :

Kalian sudah membaca kan diatas kalau fungsi utama nama domain yang merupakan alamat yang akan di ketikkan oleh pengguna internet / user / visitor sebelum mengunjungi halaman yang kalian buat di internet contoh nya google.com karena jika tidak menggunakan nama domain kalian harus mengakses ip contoh : 216.239.38.120 untuk mengunjungi si mbah :d. Manfaat menggunakan domain TLD sendiri selain untuk mempermudah halaman online kalian diakses, bisa di gunakan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis kalian atau disebut juga branding. *Kalo tidak salah :d

Kriteria memilih nama domain :


Berikut beberapa kriteria yang bisa kalian gunakan sebelum memilih nama domain untuk memulai usaha online kalian,

  1. Jika kalian ingin usaha kalian cepat dikenal Pilih TLD yang familiar di telinga pengguna internet kebanyakan. Dalam hal ini yang cukup tren adalah TLD .COM karena saya pernah memulai blog ini dengan domain marwanto606.xyz TLD nya adalah .XYZ kurang terlalu mencolok di telinga orang-orang :d dan sedikit sulit untuk di ingat. Padahal di pikiran saya TLD .XYZ cukup keren mewakili generasi XYZ (o). TLD .COM ini haya saran dari saya, kalian masih dapat memlih tld lainnya.
  2. Setelah kalian menentukan TLD nya selanjutnya kalian tinggal memikirkan nama domain nya, buat nama domain nya berhubungan dengan usaha yang ingin kalian jalankan, bisa juga meggunakan nama kalian sendiri atau lain sebagainya. buat nama domain yang mudah di ingat.
  3. Jika nama domain yang kalian minati tersedia kalian bisa mulai mendaftarkannya atau menyewanya nya setahun, kalian bisa menggunakan layanan dari Rumahweb.com untuk mendaftarkan domain karena disana menyediakan Domain murah yang murah (h)

Rangkuman :

  • TLD : ekstensi di belakang sebuah nama domain. contoh : .com, .net, .info, dan lainnya. yang paling favorit dan mudah dikenal orang adalah .COM :d
  • Domain TLD ini di registrasikan dengan jangka waktu minimum 1 tahun jadi sama seperti kita menyewanya.
  • Kalian bisa gunakan domain untuk membuat sebuah Olshop, Blog, Personal page, Landing page, Company profile, dll
  • Saya pertama kali mencoba menggunakan domain dari menyewa domain di rumahweb waktu ada promo kupon domain XYZ gratis :d

Judul : Memilih Nama Domain Sebagai Merek Dagang (Brand)
Penulis : Marwanto
Tanggal : 7/28/2019
Diskripsi : Hai Pembaca :d, bagaimana harimu hari ini?? semoga lebih baik dari kemarin. Hari ini saya mau menulis tentang " Mengapa Domain Penting ...
Rating : 5
Category : Tags : Informasi
Baca artikel selanjutnya
Next
Baca artikel sebelumnya
Prev

0 Response to "Memilih Nama Domain Sebagai Merek Dagang (Brand)"