Mengintegrasikan Custom Domain Blogger Dengan Cloudflare

Mengintegrasikan Custom Domain Blogger Dengan Cloudflare - Hallo :d, hari ini saya mau share tutorial mengintegrasikan custom domain di blogger dengan layanan CDN cloudflare. Cloudflare merupakan layanan CDN (Content Delivery Network) yang sudah memiliki fitur yang cukup lengkap untuk perlindungan situs kalian dari serangan DDOS dan lainnya. Cloudflare berada di antara nama domain dan web hosting yang memiliki kemampuan untuk mem-filter trafik dan mempercapat akses website dengan cache dan optimasi yang di sediakan cloudflare.

Cloudfale sendiri menyediakan fitur gratis yang sudah sangat lengkap namun jika kalian ingin memproteksi dan mengoptimalkan situs yang sudah sangat bejibun visitornya kalian juga bisa berlangganan layanan cloudflare dengan harga Pro, Business, dan Enterprise yang di sediakan dengan fitur tambahan yang akan meningkatkan proteksi dan performa situs kalian, lihat di menu pricing pada situs cloudflare. Alasan saya menggunkan cloudflare di platform blogger custom domain ini karena saya berencana membuat beberapa blog turunan dari domain marwanto606.com menjadi subdomain contoh: https://x.marwanto606.com. Dengan menggunakan cloudflare proses mengatur DNS nya jadi lebih mudah, alasan lainnya karena cloudflare menyediakan ssl gratis walaupun sekarang blogger juga sudah memberikan ssl gratis untuk pengguna custom domain.

Berikut beberapa fitur yang ada cloudflare

  1. Menyembunyikan IP address asli dari hosting sehingga hacker tidak dapat menyerang server
  2. Memberikan perlindungan terhadap serangan DDoS dengan mengubah keamanan keamanan situs
  3. Membuat cache situs sehingga sumber daya untuk memuat situs lebih cepat dan mengurangi beban server.
  4. Jika situs down, CloudFlare akan terus melayani cached data sampai situs up kembali.(always online)
  5. Pengarturan Firewall untuk memblock akses dari daerah, bot, user agent, ip negara tertentu.
  6. Free SSL, yang dapat juga digunakan pada shared host.

Masih berhubungan dengan artikel sebelumnya, Kenalan dengan PWA (Progressive Web Apps) untuk dapat mengimplementasikan PWA pada bogger memerlukan cloudflare ini dapat menjembatani file manifest.json dan serviceworker.js yang harus ada pada root domain.

Sebelum kalian mencoba juga mengintegrasikan cloudflare dengan custom domain blogger ada beberapa masalah yang saya temui setelah mengintegrasikan cloudflare ke blogger custom domain diantaranya masalah ssl yang disediakan blogger dan ssl dari cloudflare seperti bentrok jika diaktifkan dua duanya, jadi silahkan kalian pilih salah satu. atau menggunakan setingan full strick dan mengaktifkan ssl blogger dan cloudflare secara bersamaan. Selain itu dns cloudflare sering mengalami block oleh provider lokal yaitu telkomsel,speedy,indihome yang dapat menyebabkan blog yang dipasang cloudfalre menjadi tidak bisa terakses atau sedikit lambat saat diakses.

Berikut tutorial integrasi custom domain blogger ke cloudflare

  • Pertama kalian masuk ke dashbord akun cloudflare kalian, jika belum punya silahkan mendaftar terlebih dahulu di https://dash.cloudflare.com/sign-up.
  • Kemudian klik add site, dan masukkan nama domain yang sudah kalian punya. ex : marwanto606.com
  • Lalu pilih plan yang free saja, dan klik continue
  • Selanjutnya mengatur dns pada cloudflare, disini lah bagian yang sedikit ribet.
  • Silahkan kalian hapus semua record domainnya lalu atur seperti di bawah ini.
  • Untuk mengambil 2 value cname nya silahkan kalian masuk ke dashbord blogger > setelan > Domain Kustom
  • Lalu masukkan nama domain kalian, diawali dengan www. dan klik simpan.
  • Maka kalian akan melihat pesan error berisi value dari record cname yang perlu dipasangkan pada dns cloudflare.
  • Setelahnya klik continue pada cloudflare.
  • Selanjutnya cloudflare akan memberikan 2 Nameserver yang perlu kalian pasangkan pada domain.
  • Kalian perlu masuk ke dns manager tempat kalian membeli domain dan rubah nameservernya menggunakan nameserver yang diberikan oleh cloudflare.
  • Setelah kalian ubah nameserver pada domain, sekarang coba kalian klik simpan pada setingan blogger.
  • Jika sudah dapat tersimpan dan tidak error berarti domain sudah terpasang pada blog.
  • Namun jika masih mengalami error berarti kalian perlu menunggu proses propagasi dns nya selesai atau silahkan cek lagi pada step by step tutorial.
Untuk dapat menggunakan semua fitur yang ada pada cloudflare seperti cache, free ssl, dll kalian perlu mengaktifkan awan proxy, agar domain request dapat melalui proxy cloudflare.

Baca tutorial berikutnya : Cara Membuat Blog Blogger Support PWA.

Next Post Previous Post
3 Comments
  • Komptik.
    Komptik. 13 April, 2021

    Mas, klo blog saya jadi gak bisa diakses, ada kesalahan dalam step yang saya lakuin ya? sudah tld jadi step yg di blogspot saya lewati.
    mohon pencerahannya

    • Komptik.
      Komptik. 13 April, 2021

      Apakah ssl di cloudflare saya "flexible" bukan "full sttrict"?

    • Marwanto606
      Marwanto606 13 April, 2021

      kalo mau pake setingan flexible, ssl (Ketersediaan HTTPS) blogger harus di nonaktifkan gan. kalo mau pake setingan Full (strict), caranya proxy status cloudflare di set ke DNS only lalu ssl (Ketersediaan HTTPS) blogger di aktifkan, tunggu sampai Status: Tersedia. baru proxy status cloudflare di aktifkan.

Add Comment
comment url