Kenalan dengan PWA (Progressive Web Apps)

Kenalan dengan PWA (Progressive Web Apps)
PWA atau kepanjangan dari Progressive Web Apps merupakan teknologi web aplication yang sedang di dikembangkan dan baru support di beberapa web browser saja. Secara umum dari yang saya pelajari tentang PWA ini, teknologi pwa ini dapat memungkinkan aplikasi web atau situs (blog) dapat di pasangkan (install) dan di jalankan seperti layaknya sebuah aplikasi nativ secara langsung dari sortcut aplikasinya. karena pwa berjalan pada web brower maka pwa akan membuat aplikasi dapat diakses di semua perangkat baik mobile, desktop, laptop, tablet yang memiliki peramban web (web browser) dan cros operating system atau istilah ini sering disebut juga dengan nama hybrid app (Aplikasi hybrid). PWA juga memiliki banyak fitur seperti push notification, cache, dll. Akan saya coba sedikit jabarkan tentang bebrapa fitur yang ada di PWA ini,

1. Push notification Dengan push notification maka aplikasi web dapat memberikan notifikasi secara langung kepada user yang sudah mengizinkan aplikasi untuk dapar mengirimkan notifikasi. Saya pernah mencoba layanan Push notification seoerti One signal yang juga bekerja dengan bantuan teknologi PWA ini.

2. Cache Cache secara simple mungkin seperti menyimpan seluruh atau beberapa assets yang ada pada aplikasi web untuk dapat di gunakan saat web diakses secara offline tanpa koneksi internet.

3. Install notification Saat pertama kali mengakses website/blog yang sudah menjadi pwa maka akan menampilkan notifikasi untuk menambahkan web ke halaman layar awal pada perangkat. fitur ini merupakan Install notification yang berguna agar user lebih mudah menjangkau web app yang kalian buat.
Kenalan dengan PWA (Progressive Web Apps)

PWA bekerja menggunaka serviceworker.js yaitu code yang berfungsi untuk mendaftarkan web aplication sebagai PWA dan juga manifest.json yang berguna untuk mendaftarkan assets seperti icon dan configurasi perilaku aplikasinya. Selain dari dua file diatas syarat lain yang harus di perhatikan seorang dev web yang ingin menerapkan teknologi PWA ini adalah web harus menggunakan secured protocol https pada web nya, web memiliki akses yang ringan atau cepat (full speed), dan memiliki design responsive di semua ukuran layar. ketiga nya merupakan syarat wajib untuk dapat mendaftarkan website menjadi support PWA.

Karena teknologi PWA ini masih berupa pengembangan, jadi belum di terapaka di semua web browser. Dari yang saya tau baru chrome dan opera yang sudah mulai menerapkannya.

Dan untuk platform web blog yang sudah dapat memasangkan PWA ini yaitu di wordpress seft host karena sudah terdapat plugin yang dapat dipasangkan untuk membuat blog wp kalian support PWA yaitu plugin super PWA yang pernah saya coba di gabungkan dengan plugin one signal untuk dapat megirimkan notifisi ke user nya.

Untuk platform gratis seperti blogger.com masih belum di support untuk dapat dipasangkan PWA ini. namun ada cara agar blogger dapat juga menggunakan pwa ini. yaitu dengan menggunkan bantuan cloudflare. Pertama kalian bisa baca : Mengintegrasikan Custom Domain Blogger Dengan Cloudflare

0 Response to "Kenalan dengan PWA (Progressive Web Apps)"