Cara Menghilangkan Kolom URL di Komentar WordPress

Cara Menghilangkan Kolom URL di Komentar WordPress - kolom url atau Field URL comment pada komentar wordPress merupakan target dari spammer bot yang ada di internet.

Biasanya para bot mengincar Field URL comment bertujuan untuk mendapatkan backlink dari blog yag menyediakan kolom url pada komentar. para bot ini biasanya tidak tanggung-tanggung saat melakukan spamming demi mendapatkan backlink.

Disamping dapat menurunkan kualitas SEO dari sebuah blog, komentar spam ii saya rasa sangat mengganggu sekali. karena sifatnya bisa sangat rutin melakukan spamming ke blog target.

Secara bawaan wordpress spam bot dapat di eliminasi dengan menggunakan plugin seperti akismet yang merupaka filter untuk komentar spam yang ada di wordpress juga bisa dengan menerapkan captcha di kolom komentar kalian. Akan tetapi, captcha terkadang kurang efektif karen yang dapat melakukan spaming bukan hanya datang dari bot, tetapi juga dari pengunjung yang mencoba untuk menyisipkan backlink secara manual.

Baca juga : Cara Pasang Subdomain Di Blogger

Ada 2 cara untuk menghilangkan kolom URL di komentar WordPress. Yang pertama adalah melakukan editing script pada file function theme wordpress kalian (function.php), dan yang kedua dengan menggunakan plugin.

Berikut Cara Menghilangkan Kolom URL di Komentar WordPress

Cara pertama

Dengan melakukan editing file function.php

Login ke dashboard wordpress, klik Theme > Editor > function.php

Kemudian masukkan script dibawah ini lalu simpan.


function disable_comment_url($fields) {
unset($fields['url']);
return $fields;
}
add_filter('comment_form_default_fields','disable_comment_url');

Cara kedua

Dengan meninstallkan plugin “Remove Comment Website/URL Box“.

Plugin ini dapat di instal langsung dari menu “Plugin” yang terdapat di dashboard wordpress kalian, atau di instal secara manual dengan mendownload dan menguploadnya ke wordpress kalian. kunjungi halaman resmi plugin Remove Comment Website/URL Box.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url