Cara Membuat Usb Bootable Dengan Rufus

Cara Membuat Usb Bootable Dengan Rufus - membuat media bootable mengunakan bantuan software dapat mempermudah dalam proses pembuatannya diantara beberapa software pembuat bootable usb yang pernah saya coba selain yumi dan xbot saya juga menggunakan software refus untuk membuat bootable usb installer operating system.

Usb bootable menggunakan flashdisk lebih efisien dibanding kan media bootable menggunakan CD/DVD di samping proses pembuatannya yang terbilang cepat, media bootable flashdisk lebih awet dan tahan lama jika file di dalamnya tidak diutak atik atau terkena virus dan corupt.

Proses istallasi operating system juga lebih cepat jika menggunakan usb bootable apalagi jika melakukan installasi netbook atau notebook yang tidak memiliki CD/DVD drive tentunya sangat memerlukan media bootable usb flashdisk.

Rufus mendukung pembuatan bootable USB untuk banyak sistem operasi, antara lain sistem operasi Windows dan Linux dll. Rufus juga memiliki opsi bootable FreeDOS, sehingga kita dapat menggunakannya untuk booting komputer dalam modus DOS (Disk Operating System) saat hendak melakuan upgrade BIOS,dll yang membutuhkan funsi DOS command prompt.

Ukuran refus juga sangat kecil dan merupakan software portable yang memiliki lisensi gratis (lisensi GNU GPL versi 3).

Berikut ini langkah-langkah membuat bootable USB menggunakan rufus

  • Pertama unduh terlebih dulu software rufus v3.8 nya disini
  • Tancapkan usb yang ingin kalian jadikan bootable pastikan ukurannya lebih besar dari file iso os yang ingin dimasukkan
  • Kemudian jalankan software refus nya.
  • Klik select dan cari file iso OS nya
  • Terakhir tinggal kita start dan tunggu proses pembuatan bootable selesai.
  • Sekrang tinggal di tes.
  • Untuk versi lain refus seperti berikut ini hanya berbeda tampilan

Untuk melihat versi refus terbaru dan terlama yang tersedia silahkan kunjungi situs oficial nya disini

Baca juga : Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Lewat CMD Tanpa Software

Refrensi : Refus.ie

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url