Marwanto606 Migrasi ke Blogger

Setelah beberapa saat saya berhenti menulis artikel di blog ini sejak terakhir kali menulis artikel tentang Cara Auto Redirect UC Browser ke Google Chrome sekarang akan saya lanjutkan kembali menulis artikel di blog marwanto606.com ini. sebenarnya bukan tanpa alasan ya berhenti sebentar menulis artikelnya tapi pada waktu saya berencana menulis kembali untuk blog ini malah hosting blognya down alhasil blog ini tumbang beberapa waktu.

Walaupun hanya sebentar saja blog tumbang sudah banyak sekali page error pada laman webmaster tool. setelah saya melakukan pengecekan ternyata terdapat script miner "xmrig" yang berjalan sebagai root akses pada vps yang saya gunakan. Entah darimana script bangke itu muncul dan siapa yang memasangnya, mungkin ini bisa terjadi karna saya jarang mengecek vps di bulan-bulan terakhir ini.

Sampai sampai vpsnya jebol dan ada script bangke yang berhasil masuk. Saya pun mulai bertanya-tanya celah kemungkinan yang vuln blog ini. Apakah dari wordpressnya, panel vpsnya, sql injectin, atau dari ujung langit?? wkwk.

Baiklah lupakan saya tidak mau ambil pusing saya putuskan balik lagi aja ke blogger yang merupakan platform blog yang di host oleh mbah google sendiri. Disamping artikel yang saya tulis pun tidak mengandung konten negatif semoga blog bakalan awet menggunakan platform blogger.

saya menggunakan wordpress selfhosted sudah lumayan lama dan selama itu pun malah sedikit sekali artikel yang saya tulis di blog ini saat masih di wordpress, bkan karena malas ngeblog tetapi sedikit memulai kesibukan di lain tempat. Namun karena wordpress selfhosted saya belajar bagaiman memanagement blog secara penuh dan bisa belajar sedikit tentang coding PHP scipt.

Dari bulan ke bulan saya pun hanya tekor bayar hosting bulanananya aja wkwk. tetapi itu ga masalah yang penting ada ilmu baru yang bisa di pelajari. Jangan di pikir saya migrasi karna ga kuat bayar host nya ya (padahal memang sedikit ngos-ngosan cari modal) tetapi karna adanya script bangke "xmrig" yang menyusup ke jantung pertahanan sampai menyebabkan koma beberapa waktu blog ini.

Ok lah sekarang saya akan memeberikan sedikit review blog ini setelah migrasi lagi dari wordpress selfhosted ke blogger.

Review pertama tentang tampilan sebelumnya di wordpress selfhosted saya menggunakan Theme superfast idtheme untuk detilnya silahkan lihat di official sitenya.

Saya membeli theme ini secara blackmarket(pasar gelap) dari seseorang (jangan ditiru ya). Theme ini lah yang pertama mengkopori saya untuk mencoba menggunakan wordpress selfhosted karena katanya desain themenya sangat bagus, seo friendly, themanya ngebut sangat, dan fiturnya lengkap komplit.

Tapi dari hasil yang saya peroleh desain theme memang sangat bagus dan sangat simple dengan tataletak yang rapih, seo nya juga bagus bisa dioptimasi dengan plugin wp nya, dari speednya memang themanya ngebut sangat tapi setelah dipasang iklan adsense ke ngebutannya sedikit berkurang.

Mungkin karna render js adsense sedikit berat, padahal sudah pasang cache plugin, cloudflare dan optimasi lainnya tetap nilainya di C pada GTmetrix karna speed respon server berpengaruh juga.

fiturnya sagat komplit semua setingan dari mulai mengatur warna peletakan ads, anti adblock dan setingan lainnya sudah tersedia jadi memudahkan untuk pengatrannya tidak perlu mengutak atik code nya.

Review kedua tentang tampilan skarang yang dipakai, sekarang saya menggunakan template EvoMagz ntah yang versi berapa dari mas sugeng untuk lengkapnya silahkan kunjungi official sitenya sugeng.id.

Saya mendapatkan template ini secara gratis di mbah google (jangan tiru karna ga modal wkwk). saya memilih template evomag karena tampilan dan tata letaknya hampir seperti superfast jadi saya pilih template ini dengan sedikit redesign dan optimasi didalamnya.

Dari mulai menghapus releated post pada artikel, minify css, hapus js bawaan blogger, pasang clodflare, dll. dari situ saya bisa mendapatkan tes speed B di GTmetrix scrennshot nya di bawah ini js adsense blm kerender juga kayaknya wkwk

Review ketiga tentang penambahan fitur blog. agar blog dimuat lebih cepat maka saya hanya pasang widget yang kemungkinan penting saja dari mulai populer post, label, button share, button faspage (facebook twitter youtube)

Sekian dulu lah aikel saya tantang Marwanto606 Migrasi ke Blogger, untuk kedepannya saya akan coba aktif menulis lagi semoga ada banyak ide untuk menulis artikel yang bisa saya share untuk pambaca blog ini.

Dan dari kesimpulan diatas admin blog ini sedikit ga modal wkwk. tapi dari ga modal itu saya belajar sesuatu. Thx.

Terima kasih untuk :

Author idtheme.com dan pembuat theme superfast wordpress

sugeng.id pembuat template evomagz blogger

Desain temanya keren sangat dan mengispirasi buat belajar membuat blog.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url