Membuat Blog Tidak Bisa Dicopy Kecuali Pada Tag Code

Membuat Blog Tidak Bisa Dicopy Kecuali Pada Tag Code - Yo tamvan :d, kalian punya sebuah blog tapi tidak mau artikel kalian kena copas. kalian bisa gunakan cara berikut ini untuk sedikit menghindarkan copaser dari blog kalian.

Pada dasarnya di dunia blogging copas-mengcopas artikel atau ide post menurut saya hal yang cukup biasa dan lumrah, karena pada dasarnya sebuah artikel yang berasal dari sebuah ide pemikiran manusia bisa memiliki berbagai macam sudut pandang dari penulisnya masing-masing, dan blog sebagai media bacaan orang lain yang dipublikasi secara online bisa berguna untuk menemukan sudut pandang sebuah ide tentang sebuah artikel yang mungkin bisa lebih dikembangkan lagi.

Pemilik blog juga tidak perlu khawatir artikelnya dicuri karena saya rasa google juga sudah mengembangkan algoritmanya untuk mendeteksi artikel yang berkualitas dan yang biasa saja dengan nilai SEO nya sendiri dari masing-masing blog, karena menurut saya pribadi dalam menulis artikel yang ada di blog ini yang terpenting adalah ide dan topik bacaan bisa tersampaikan kepada pembaca dan juga untuk catatan online saya sendiri.

Ada beberapa cara agar artikel kalian bisa terhindar dari copaser, diantaranya kalian bisa pasang code anti klik kanan, anti keyboard, atau javascript anti copas.

Tapi saya rasa jika kalian membuat sebuah blog tutorial coding maka dapat menyebabkan visitor kalian kesulitan jika hendak menyalin source code yang kalian sediakan di blog kalian. Untuk itu kalian bisa gunakan cara ini untuk membuat blog kalian tidak bisa dicopas selain pada tag code dengan menambahkan kode css anti block.

Berikut Cara Membuat Blog Tidak Bisa Dicopy

  • Pertama, kalian masuk ke dashbord blogger kalian > Template > Edit HTML
  • Kemudian cari kode css seperti</style> atau ]]></b:skin> dengan cara menekan tombol CTRL + F. Setelah itu letakkan kode ini tepat diatas kode </style> atau ]]></b:skin>
.post-outer {-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-khtml-user-select:none;-ms-user-select:none;-moz-user-select:none;}
.post blockquote,.post pre,.post code{-webkit-touch-callout:text;-webkit-user-select:text;-khtml-user-select:text;-ms-user-select:text;-moz-user-select:text;}
  • Setelah itu klik Simpan.
  • Untuk membuat artikel nya kalian bisa letakkan code yang dapat dicopy pada tag <blockquote>KODE</blockquote> atau <pre>KODE</pre> atau <code>KODE</code>

Selain copas secara teks, saya yakin para blogger juga pernah melakukan copas ide dari artikel lainnya di blog namun ditulis dengan cara dan gaya bahasanya sendiri, ini sering disebut rewrite (menulis ulang) artikel dan tidak menyalahi aturan di google baik menampiklan link sumber artikel ataupun tidak.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url