Kumpulan Software Text Editor Untuk Coding

Kumpulan Software Text Editor Untuk Coding (yang saya gunakan) - Code editor atau text editor umumnya digunakan programmer untuk memudahkan dalam menulis script code. Apapun bahasa pemrograman yang digunakan entah itu PHP, C++, Ruby, Java, dan lainnya pasti menggunakan code editor dapat mempermudah Proses pembuatan aplikasi dengan tersedianya berbagai fitur dan tools yang sangat berguna untuk membantu proses penulisan code jadi lebih cepat dan mendeteksi error penulisan (typo) jadi lebih mudah.

Serta tampilan code editor yang dilengkapi dengan syntax highlighter sehinga dapat mempermudah dalam melihat code yang sedang ditulis. beberapa kelebihan itu lah yang membuat code editor lebih unggul daripada menulis code di text editor biasa. Beberapa bahasa pemerograman bahkan merelase IDE (Integrated Development Environment) yang juga sudah dilengkapi code editor didalamnya beserta fitur compiler untuk bahasa pemrogaram tersebut.

Berikut beberapa software code editor yang bisa kalian gunakan secara gratis :

1. Visual Studio Code (VSCode)

Visual Studio Code merupakan software code editor gratis dengan segudang fitur buatan microsoft yang dapat berjalan di beberapa OS antara lain windows tentunya, linux, dan MacOS. Fitur apa saja yang sudah tersedia di VScode ini, antara lain sudah terdapat toolset/plugin Emmet didalamnya. Emmet sendiri merupakan toolset/plugin yang berfungsi sebagai suggest atau snippet saat menulis sebuah program. Jadi dengan adanya emmet penulisan code akan menjadi lebih cepat dan effisin. Di visual studio code kalian juga dapat menginstallkan ekstensi tambahan untuk meningkatkan alur kerja penulisan code kalian, baik theme, dll.

kalian bisa langsung download Visual Studio Code (VSCode) di official site nya https://code.visualstudio.com/

2. Sublime Text

Sublime Text merupakan salah satu software code editor yang juga populer, dan menyediakan fitur yang mempermudah dalam penulisan code, serta dapat digunakan secara gratis dan dapat di install di semua OS (operating system). Namun untuk beberapa plugin seperti emmet perlu di install sendiri melalui Package Control secara online.

Sublime text juga sudah menydiakan banyak sekali plugin yang dapat di install untuk meningkatkan alur kerja kalian.

kalian bisa langsung download Sublime Text di official site nya https://www.sublimetext.com/

3. Notepad++

Notepad++ merupakan code editor yang juga sangat populer dan banyak digunakan, dulu sebelum mengenal dua code editor diatas, software notepad++ yang sering saya gunakan untuk menulis code. Karena tampilannya yang simple dan sangat ringan.

Tetapi karena penulisan code yang sangat membutuhkan bantuan dari plugin emmet untuk lebih mempermudah dan karena sulitnya menginstall plugin emmet pada code editor ini. Maka sekarang saya tidak menulis code menggunakan notepad++ tapi software ini masih saya gunakan untuk melakukan pencatatan atau reminder.

kalian bisa langsung download Notepad++ di official site nya https://notepad-plus-plus.org/downloads/

Tambahan: Gunakan tampilan Gelap atau Dark untuk code editor kalian agar mata kalian tidak lelah karena banyak menatap layar warna putih dapat membuat mata cepat lelah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url