Mengamati Perkembangan AI (Artificial intelligence)

Mungkin di antara pembaca sudah mengetahui tentang ChatGPT, Google bard, Bing chat, midjurney, stable diffusion dan beberapa ai yang saya perhatikan mulai dan cukup buming di awal 2023 ini.

Mengamati perkembangan AI cukup menarik, karena akan ada banyak aspek didalamnya, selain dari sisi development (pengembangannya) yang agak cukup (cepat), komunitas-komunitas yang mulai terbentuk, model open source yang bermunculan, juga penolakan dari beberapa kalangan, regulasi peraturan yang akan di terapkan, peningkatan hardware untuk menyokong AI ini, dampak perubahan yang timbul, dll.

Akan saya sedikit rangkumkan tantang perkembangan ai yang saya amati dari berbagai sumber berita dan info yang ada di internet serta sosmed:

Development bergerak cukup cepat

Pengembangan yang bergerak agak cukup (cepat) di lihat dari banyaknya developer yang sangat antusias dan mulai terjun di dalam pengembangan berbagai macam model ai dapat kalian lihat di salah satunya situs huggingface.co yang memberikan ruang untuk para pengembang berkumpul dan membagikan model ai yang di kembangkan dan di release ke publik.

Komunitas-komunitas yang muncul

Komunitas-komunitas yang sebelumya tidak ada sekarang mulai muncul dan terbentuk, komunitas ini bukan hanya dari segi komunitas penembang ai itu sendiri yang berkumpul tapi dari segi model dari ai nya itu sendiri, seperti komunitas civitai yang merupakan situs komunitas generative ai untuk dapat menggenerate gambar.

Model open soruce

Dari adanya komunitas yang terbentuk diatas maka banyak diantara pengembang yang yang juga dari kalangan perusahaan ternama seperti meta, microsoft, stabilityai, openai, intel, dan lainya yang juga membagikan model buatan secara open source.

Penolakan dari beberapa kalangan

Ada beberapa kalangan yang sudah menunjukan aksi penolakan diantaranya dari kalangan penulis script film hoolywood, dan ada juga dari kalangan artis gambar digital.

Regulasi atau peraturan yang diterapkan

Berhubungan dengan degulasi atau perturan yang akan diterapkan mengnai ai ini sudah dilakukan pertemuan dengan nama "AI Safety Summit 2023" di Buckinghamshire, Inggris

Hardware yang menyokong

Di bagian hardware juga sepertinya akan dikebut oleh nvidia sebagai penyokong gpu yang mulai diperkenalkan seperti cipset gpu nvidia h100 pada acara nvidia siggraph 2023.

Dampak yang timbul dari AI

Secara jujur saya suga tidak tahu secara pasti dampak yang ditimbulkan dari munculnya teknologi ai ini, tapi ada beberapa kemungkinan prediksi baik yang baik maupun yang kurang baik.

prediksi baiknya yaitu teknologi AI dapat mempermudah pekerjaan yang sudah ada dan akan menciptakan pekerjaan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

prediksi kurang baiknya yaitu AI akan menggantikan beberapa pekerjaan yang sudah ada saat ini.

Itulah beberapa aspek yang saya amati tentang perkembangan ai ini. Karena AI juga masih akan terus berkembang di tahun berikutnya 2024.

Tentu saja hal baik yang dihaarapkan dengan adanya perkembangan teknologi ai ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url