Cara Merawat Laptop Agar Awet

Cara Merawat Laptop Agar Awet - halo kawan pembaca, hari ini saya mau share tips-tips agar laptop kalian awet. Kalian punya laptop atau notebook dan sejenisnya di rumah, tentu kalian pasti ingin agar barang tersebut awet dan terawat agar bisa bertahan beberapa tahun kedepan. Sebenarnya merawat barang-barang elektronik sejenis laptop, computer, PC dll sangat mudah saja, namun masih banyak orang yang mengabaikannya dan melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengancam keselamatan dari laptopnya wkwk. Seperti contohnya menuangkan teh ke atas laptop yang tentunya dapat menimbulkan konslet pada komponen yang ada di dalamnya.

Baca juga : Laptop gaming terbaik

Jadi bagaimana agar laptop menjadi awet?

Berikut tips-tips yang bisa saya berikan untuk merawat laptop supaya awet:

  • Pertama, jangan main laptop diatas kasur, bantal atau tempat dengan banyak debu, karena sirkulasi pendingin yang ada pada laptop menggunakan system fan yang menarik udara dari bawah dan membuangnya disamping maka jika permukaan fan tertutup sirkulasi udaranya bisa tersendat dan mengakibatkan laptop menjadi panas atau overheat.
  • Kedua, hindari juga bermain laptop dengan kapasitas kelembaban yang tinggi, karena laptop menggunakan daya listrik untuk menjalankan setiap komponen-komponen elecro yang ada di dalamnya. Maka lebih baik hindari bermain dengan kelembaban yang cukup tinggi, seperti saat hujan badai agar mencega komponen laptop mengalami konsleting.
  • Ketiga, bersihkan sirkulasi fan dan penambahan pasta processor yang kering, untuk yang satu ini kalian harus melakukan pebersihan pada sirkulasi udara pada fan minimal 1 tahun sekali. karena pada jangka waktu 1 tahuan tentunya bakalan banyak debu yang sudah terkumpul pada fan, jangan lupa juga untuk mengganti pasta yang sudah kering pada processor laptop. jika tidak bisa mebogkarnya silahkan bawa ke tempat service terdekat.
  • Keempat, copot carger jika baterai laptop sudah penuh, laptop seri-seri terbaru sudah dilenggkapi dengan sistem Smart battery charger yaitu sistem yang akan membagi tegangan otomatis pada saat baterai cas hingga penuh dan sekaligus di nyalakan, namuan karena beban yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan system ini menjadi rusak dan akibatnya baterai laptop kalian menjadi soak/cepat habis/replecing bateray. jadi untuk meminimalisir kerusakan pada baterai sebaikknya cabut carger jika sudah penuh dan colokan kembali jika baterai sudah 15%.
  • Kelima, gunakan keyboard ekternal saat bermain game. kalian suka bermain game pada laptop kalian?? jika suka maka hanya tinggal menghitung saja kapan kalian harus mengganti keyboardnya wkwkwk. keybord laptop sangat sering mengalami keruskan dari mulai tidak bisa ditekan hingga keyboardnya tertekan terus. kerusakan keyboard biasanya di tandai denganbunyi biip panjang ketika laptop dinyalakan. jadi untuk meminimalisir kerusakan keyboard laptop sebaikknya gunakan keyboard eksteral ketika bermain game.
  • Keenam, meminimalisir kerusakan lcd laptop, jangan menaruh banda diatas permukaan keyboard laptop karna saat kita lupa dan langsung menutupnya maka benda tersebut dapat langsung menghantam ke Lcd laptopnya.
  • Ketujuh, hindari jika bisa menginstall software versi pak tani untuk meminimalisir adanya virus yang ikut masuk dan dapat menginfeksi, atau bisa gunakan software freeware dan open source yang sudah valid.
  • Kedelapan, jika sering melakukan kegiatan online di internet gunakan antivirus yang cukup kuat untuk meindungi dari malware dari ads (iklan) yang bisa menginfeksi laptop kalian. ex: avg, avast, bitdefender, eset.
  • Kesembilan, jangan membanting, memukul permukaan laptop dengan benda tumpul karena tentunya kegiatan ini dapat langsung merusak laptopnya.

Sekian dulu tips dari saya semoga laptop kalian bisa awet dan semoga tips dari saya ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url