Cara Mendapatkan Domain Gratis .eu.org

Cara Mendapatkan Domain Gratis .eu.org - Domain merupakan nama yang mengarah pada sebuah server untuk mempermudah mengakses dan mengingat nya dibanding menggunakan alamat ip server tersebut.

Domain eu.org sendiri merupakan sub domain dari domain tingkat atas (Top level Domain) .org 2 karakter (EU) yang di daftarkan oleh nic.eu.org, dan dapat didaftarkan secara gratis oleh para pengguna (user). Top level domain .org biasanya didaftarkan dan digunakan untuk situs web organisasi (organizaton). Domain eu.org ini sudah berumur sangat lama sekali dari tahun 1996 Jadi domain eu.org ini bukan merupakan domain gratis terbaru karena sudah berdiri sejak beberapa tahun lalu dan sudah banyak juga yang menggunakannaya.

Keuntungan menggunakan domain eu.org

1. Dapat didaftarkan ke adsense

Domain .eu.org dapat didaftarkan ke adsense, sudah banyak para blogger yang juga menggunkan domain ini dan berhasil diterima menjadi publisher adsense. Tentunya konten yang di tulis didaam blog tersebut harus sesuai dengan ketentuan adsense.

2. Dapat di pasangkan Cloudflare

Cloudflare sendiri merupakan layanan cdn (Content Delivery Network) yang biasa digunakan untuk mempercepat content sebuah web karena memiliki data center di seluruh dunia. Umumnya cloudflare akan menulak user yang mendaftarkan menggunakan sebuah sub domain tanpa mendaftarkan TLD nya. Namun sedikit berbeda dengan domain eu.org, karena saat kita mendaftarkan domain eu.org kita akan diberi sub dari domain ini ex: marwanto606.eu.org dan masih dapat kita daftarkan ke cloudflare dengan syarat ada A record yang mengarah ke IP server.

3. Dapat didaftarkan secara gratis

Domain ini dapat didaftarkan dan digunakan secara gratis dengan mematuhi ketentuan yang di berikan. Kalian tinggal menyiapkan DNS yang akan digunakan untuk mengatur domaninnya. Bisa menggunakan hostry, dns24 atau lainya.

Kekurangan Menggunakan domain eu.org

1. Proses pengaktifan domainnya lama

Sepertinya karena proses pengaktifan domain yang di request user di cek secara manual oleh admin jadi proses aktifasi domain ini terbilang sangat lama bisa mencapai 1 bulan lebih, dan mungkin karena masih banyak domain pending yang di daftarkan oleh user, sehingga proses aktifasinya lama.

2. Domain dapat dihapus sepihak

domain yang kalian daftarkan dapat dihapus oleh admin jika dinilai melanggar ketentuan layanannya, seperti spaming, phising, dan kegiatan black lainnya.

Cara Mendaftarkan Domain .eu.org

  • Pertama kalian memerlukan akun dari dns gratis sperti https://hostry.com ataupun lainnaya, jadi silahkan kalian buat akun di sana.
  • jika sudah ada akun dari hostry silahkan kalian login dan masuk ke menu service > free DNS > masukkan nama domain beserta ekstensi domainnya misalnya : marwanto606.eu.org lalu klik create DNS.
  • Selanjutnya catat name server hostry yang diberikan.
  • ns1.hostry.com
    ns2.hostry.com
    ns3.hostry.com
    ns4.hostry.com
  • Sekarang tinggal membuat atau mendaftarkan akun kalian di https://nic.eu.org/arf/
  • Klik login jika kalian sidah punya akun, namun jika belum punya silahkan kaian Klik register dan isikan data yang diminta yaitu nama kalian,email aktif, alamat 1 sampai 5 di samakan saja, negara, no hp, password
  • Kemudian ceklist pada Private whois dan I accept the domain policy.
  • Lalu klik create.
  • Sekarang cek inbox/spam pada email yang kalian daftarkan untuk mengaktifasi akun menguunakan link yang diberikan, username login kalian akan dicantumkan di email tersebut.
  • Kemudian login menggunakan username tersebut dan password yang sudah kalian buat.
  • Klik menu domain > new domain
  • Masukkan nama domain yang kalian akan daftarkan, dan name server yang diberikan hostry, lalu klik submit.

Catatan : domain yang sudah di submit umumnya akan sedikit lama proses aktifasinya bisa berbulan-bulan. Kalian akan menerima email jika domain sudah diaktifasi.

Kalian dapat mengirimkan email ke [email protected] untuk meminta request domain kalian segera di aktivasi.

Buka gmail > compose > email tujuan: [email protected]

Subject: Approve my request domain namadomain.eu.org

isi: Hello good evening sir, i will hope you activated my request domain namadomain.eu.org for my personal blog. See you and thankyou for your attention.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Anonim
    Anonim 27 Januari, 2022

    Kok error

    • Marwanto606
      Marwanto606 27 Januari, 2022

      apanya yg error gan?

Add Comment
comment url