Cara Custom Email Routing Cloudflare ke Gmail

Cara Custom Email Routing Cloudflare ke Gmail - Halo pembaca sekalian, sudah lumayan lama saya tidak menulis untuk blog ini. Jadi di kesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit informasi mengenai cara membuat custom email dari cloudflare menggunakan domain TLD milik sendiri, jadi email yang akan di hasilkan akan seperti contoh : [email protected].

Latar Belakang Post

Sebelum memulai tutorialnya, saya akan menceritakan sedikit hal-hal yang menjadi latar blakang tulisan kali ini

1. Adanya fitur Email (beta) Cloudflare.

Fitur Email Routing (beta) dari cloudflare ini sudah saya tahu dari adanya informasi di blog cloudflare sekitar bulan september 2021, saya sudah merequest untuk mencoba fitur ini, namun ternyata harus menunggu sampai diterima terlebih dahulu sehingga saya sudah lupa karena jarang menecek email sampai ...

2. Verifikasi google business dengan Email TLD.

Saya diminta untuk memverifikasi google business dalam waktu 30 hari jika tidak, profil google business akan di hapus. Saya pikir verifikasi nya akan menggunakan surat cetak ke kantor pos seperti saat verifikasi pin adsense, namun ternyata verifikasinya saya diminta mengunakan email dengan domain tld sendiri.

Dari kedua hal diatas tersebut yang melatarbelakangi saya mengulik kembali email routing cloudflare ini, dan akan saya bagikan cara implementasinya ke kalian.

Tutorial Cara Custom Email Routing Cloudflare ke Gmail

  • Pertama tentusaja pastikan domain kalian sudah terparking ke cloudfalre jika belum, kalian dapat baca Mengintegrasikan Custom Domain Blogger Dengan Cloudflare
  • Kemudian merequest fitur Email routing cloudflare, masuk ke dashboard cloudflare domain kalian lalu klik menu Email. Dibagian ini dulu saya merequest terlebih dahulu dan diminta menunggu sampai adanya email penerimaan dari cloudflare.
  • Lalu masukkan custom address dan destination address nya. Saya sarankan gunakan Email baru atau email lainnya agar tidak tercampur aduk email didalamnya.
  • Akan ada Email Verifikasi dari cloudflare ke email yang akan digunkan, tinggal kalian klik link verifikasinya.
  • Selanjutnya tinggal mengatur DNS mail nya, kalian bisa menambahkannya secara otomatis dengan mengklik add record automatically atau kalian dapat menambahkannya satu persatu di menu DNS cloudflare sesuai setingan record yang diberikan.
  • Test, sekarang gunakan email lain untuk coba mengirimkan email ke custom address email yang sudah kalian routing
  • Untuk mengatur email agar mebalas reply ke custom email kalian dapat masuk ke menu setting Gmail > See All Settings
  • Pilih tab Accounts and Import > pada bagian Sent mail as klik edit info
  • Masukan nama dan email custom alias dari email gmail tersebut.
  • Selesai.

Referensi : https://blog.cloudflare.com/migrating-to-cloudflare-email-routing/

Next Post Previous Post
3 Comments
  • AdiCore
    AdiCore 06 Mei, 2022

    jadi sudah bisa buat kirim email pakai domain sendiri dengan cloudflare saya kira hanya bisa terima email saja. selama ini saya pakai improvmx.com untuk terima dan kirim email custom domain.

    • Marwanto606
      Marwanto606 27 Mei, 2022

      cara diatas cuma bisa terima email aja gan, balesnya tetep via email gmail

    • AdiCore
      AdiCore 27 Mei, 2022

      kalau untuk kirim email pakai custom domain bisa pakai smtp gmail katanya di forum cloudflare. caranya hampir sama seperti pakai improvmx.com

Add Comment
comment url