Membuat Shortlink Menggunakan Firebase Dynamic Links (FDL)

Membuat Shortlink Menggunakan Firebase Dynamic Links (FDL) - Setelah google mendisable salah satu layanannya yaitu shortlink (penyinglat url) goo.gl untuk digantikan dengan layanan shortlink yang lebih baru yaitu FDL (Firebase Dynamic Links) seperti shortlink namun dengan fitur yang lebih lengkap dan terintegrasi dengan firebase. Firebase sendiri merupakan layanan dari Google. Berbeda dengan goo.gl yang hanya berfungsi menyingkat URL, selain fitur FDL, Firebase juga memiliki fitur-fitur untuk membangun sebuah aplikasi yang akan sangat berguna bagi penggunanya, terutama bagi para developer (pengembang) aplikasi.

Baca juga : Google Shortener URL Goo.gl Akan di Matikan

Firebase Dynamic Link dapat digunakan sebagai alternatif shortener url biasa pada umumnya namun firebase Dynamic Links dinilai lebih fleksibel, karena dapat mendeteksi device yang digunakan dan mengarahkan link aplikasi yang ada di playstore (android) atau app store (iphone) jika kalian sudah mempunyai aplikasi yang ada disana. Layanan Firebase ini tidak hanya tertuju pada fdl saja, terdapat juga layanan seperti authentication, database, hosting, storage, dll yang bisa digunakan secara gratis, namun jika ingin mengupgrade ke kuota yang lebih besar tersedia juga layanan berbayarnya.

Di kesempatan kali ini saya akan menulis cara membuat shortlink dengan mengunakan firebase dynamic links (FDL) :

1. Buka https://firebase.google.com kemudian log in menggunakan akun google kalian.

2. Kemudian klik tombol GO TO CONSOLE yang berada di kanan atas.

3. Setelah halaman console terbuka, klik Buat project.

4. Isi beberapa data yang diminta.

Project name: Bebas kamu isi. Misalnya nama blog, atau apapun itu.

Project ID: Akan digunakan sebagai url database dan subdomain.

Beri ceklist saya menyetujui persyaratan firebase, lalu klik lanjut

Beri ceklist pada aktfkan analytic untuk project ini jika kalian ingin meng integrasikan google analytic pada project firebase kalian, lalu klik lanjutkan,

Pilih akun google analitic kalian, kemudian klik buat project

tunggu beberapa saat sampai project selesai dibuat.

5. Buka project firebase yang sudah kalian buat.

6. klik pada menu Grow > Dynamic Links > klik Mulai.

7. masukkan nama domain yang kalian inginkan. FDL sudah menyediakan subdoamin gratis page.link. Yang akan jadi akses ke short link gratis kalian. disini kalian juga bisa menyeting fdl menggunakan domain kalian sendiri jika sudah punya dengan mengcustomnya sendiri.

Selesai disini shortlink kalian sudah selesai dibuat.

Untuk menggerate shortlinknya berikut caranya

  • Klik New Dynamic Link.
  • Isi beberapa data yang diperlukan.
  • Siapkan link URL singkat: Kamu diminta membuat shortlink. Secara default adalah acak, namun kalian dapat merubahnya sesuai keinginan.
  • Menyiapkan Dynamic Link: Link asli yang akan dituju dan nama linknya.
  • Menentukan perilaku link untuk iOS: Pilih Open the deep link URL in a browser (jika tidak punya aplikasi di app store).
  • Menentukan perilaku link untuk Android: Pilih Open the deep link URL in a browser (jika tidak punya aplikasi di playstore).
  • Pelacakan campaign, tag sosial, dan opsi lanjutan (opsional): Optional, tidak harus di isi. Namun jika ingin mentracking sumber link campaign sebaiknya diisi. Untuk bagian Add social meta tags lebih baik diisi agar hasil shortlink yang kalin bagikan ke social media memiliki diskripsi yang lebih baik.
  • Terakhir klik Buat.
  • Selesai, Dynamic Link sudah berhasil kalian buat. Sekarang kalian dapat membaginya kepada orang lain atau ke social media kalian untuk mempromosikan blog atau channel kalian.

Video tutorial : Cara Membuat Shortlink Menggunakan Firebase Dynamic Links (FDL)

Contoh dynamic link: https://mr606.page.link/blogs

Dengan membuat shortlink firebase dynamic links ini akan berguna agar saat kalia ingin membagikan link blog secara langsung ke social media agar tidak mengalami block dari social media yang bersangkutan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url